10 December 2013

// // 20 comments

Tips Memulai Bisnis Afiliasi Lokal Bagi Pemula- Wawancara Exclusive Dengan Tiyo Kamtiyono

Anda ingin memulai bisnis afiliasi lokal? Atau apakah sejumlah rupiah yang anda harapkan belum mendarat di rekening dari bisnis afiliasi yang anda jalankan?

Jika demikian, anda tidak perlu berputus asa. Orang bijak bilang;
Banyak jalan menuju Roma
Ya, laiknya bisnis-bisnis online lainnya, menjalakan bisnis afiliasi sejatinya tidak mudah. Kemauan kuat, ulet, dan ketrampilan mutlak diperlukan.

Pertanyaanya, bagaimana cara memulai bisnis afiliasi bagi para pemula?

Jika anda mencari referensi untuk memulai bisnis afiliasi lokal, wawancara saya dengan pelaku bisnis afiliasi lokal bernama Tiyo Kamtiyono, barangkali dapat anda terapkan.

Siapa Tiyo Kamtiyono, dan bagaimana dia memulai bisnis afiliasi lokal hingga telah memetik hasilnya?

Mari kita simak hasil wawancara exclusive saya dengan pemilik blog AboutTiyo.web.ID berikut ini.
 
Tiyo Kamtiyono
Tiyo Kamtiyono
IS: Ibrahim Sukman
TK: Tiyo Kamtiyono

IS: Pertama-tama, barangkali ada beberapa pembaca blog rasablogger.com yang belum mengenal anda secara detail. Dapatkah anda memberikan informasi singkat siapa anda kepada pembaca rasablogger.com?

TK: Saya yakin banyak yang belum kenal saya mas. Langsung saja, saya lebih sering Mengenalkan diri Tiyo Kamtiyono, pemilik blog AboutTiyo.web.ID yang agak kurang terkonsep sebenarnya, berisi berbagai artikel mulai dari curhat sampai materi tentang blogging, SEO, hosting juga gadget.

Di blog itu saya banyak membahas tentang Hosting Indonesia, dan tema itulah yang menghasilkan komisi dari affiliasi hosting Masterweb yang saya ikuti.

IS: Bagaimana pendapat anda tentang bisnis afiliasi lokal Indonesia?

TK: Bisnis Affiliasi di Indonesia menurut saya saat ini sedang dalam masa pertumbuhannya. Dan bisnis affiliasi ini tumbuh pesat. Beberapa tahun lalu, mungkin sangat sedikit pebisnis di Indonesia yang menggunakan metode ini.

Hal itu mungkin karena dulu publisher (baca=blogger) masih belum dipandang memiliki kekuatan yang besar dalam hal pengenalan produk kepada calon konsumen. Padahal blogger sesungguhnya memiliki power yang besar. Blogger juga lebih dipercaya karena mereka lebih dekat kepada pembacanya daripada pemilik produk.

IS: Apakah bisnis afiliasi lokal punya prospek yang bagus?

TK: Sangat bagus. Masih ada kesempatan yang lebar, karena seperti yang saya sebutkan pada poin sebelumnya bahwa saat ini bisnis affiliasi Indonesia sedang bertumbuh.

Banyak usaha beranjak dari sekedar memiliki toko offline saja ke dalam bentuk toko online. Tak jarang dari mereka memiliki program affiliasi, dimana kita para blogger bisa ikut mengambil kesempatan berpartisipasi dan meraih keuntungan darinya.

IS: Bagi pemula, langkah apa yang pertama harus dilakukan untuk memulai bisnis afiliasi lokal?

TK: Sebagai blogger, pertama kali ya harus punya blog. Yang berbayar sekalian, karena kalau menggunakan jasa blog gratisan kadang terlalu banyak batasan yang kita tanpa sadar melanggarnya yang berakhir pada akun kita yang disuspend.

Blog juga asset yang harusnya kita miliki sepenuhnya, karena kita akan menjalankan bisnis kita dari sana. Selain tidak etis menurut saya, kepemilikan penuh juga menjadikan kita lebih aman.

Lalu, sebelum ikut bergabung sebuah program, baiknya kita mencari informasi tentang affiliasi yang akan kita ikuti itu. Karena bisa saja mereka tidak menjalankan programnya dengan optimal, atau bahkan merupakan scam.

IS: Menurut anda, apa produk afiliasi lokal yang bagus bagi pemula yang ingin menjalankan bisnis afiliasi?

TK: Sangat relatif, tapi pengalaman saya sendiri sih affiliasi hosting masterweb yang paling menguntungkan bagi blog saya itu.

Sebuah blog cenderung memiliki topik yang disukai adminnya, jadi yang paling mudah ya yang sesuai dengan passion saja. Saya dulu pernah mencoba affiliasi Amazon juga, tapi merasa kurang bisa fokus, dan lebih senang dengan affiliasi yang berbau web (hosting, themes dan plugins WordPress).

IS: Bagaimana cara mempromosikan produk afiliasi lokal yang efektif, dan apa instrumen yang harus digunakan?

TK: Melalui blog. Blog selalu menjadi alat yang paling efektif menurut saya. Karena dengan sebuah artikel di blog, kita bisa menuliskan informasi produk sebanyak mungkin untuk meyakinkan calon pembeli yang sedang membaca tulisan kita.

IS: Menurut anda lebih strategis mana antara menulis review produk afiliasi dengan memasang banner poduk afiliasi, dan apa alasannya?

TK: Saya tidak memiliki data yang benar-benar ilmiah tentang ini. Tapi kalau menilik dari performa klik banner AdSense di sidebar dan posting, yang di posting pemenangnya.

Mungkin karena orang mengunjungi blog karena butuh informasi dari artikel kita, mereka melihat dan memperhatikan banner di sidebar hanya 'kalau sempat'

IS: Berdasarkan pengalaman anda, apa yang membuat pembeli membeli produk melalui link afiliasi anda?

TK: Informasi yang solid dan meyakinkan. Disamping itu, koleksi artikel saya tentang Hosting Indonesia juga banyak di blog.

Kita juga bisa menambah keyakinan calon pembeli dengan menjawab setiap komentar di blog. Bahkan untuk komentar yang berlawanan dengan pendapat kita tentang produk yang sedang kita coba tawarkan.

IS: Apakah produk afiliasi yang dipilih harus sesuai dengan tema blog? Kenapa?

TK: Ini unik. Saya menemukan blog saya dan beberapa teman lainnya yang ikut affiliasi itu justru seolah terinspirasi dari produk yang mereka tawarkan.

Dan memang mengikuti program affiliasi akan membuat kita lebih bereksplorasi untuk membuat artikel baru dengan menampilkan sisi lain produk supaya kita bisa menjual lebih banyak.           

IS: Kalau boleh tahu, lebih besar mana penghasilan anda antara bisnis afiliasi dengan bisnis periklanan berbasis Pay Per Click?

TK: Sejujurnya, penghasilan yang saya peroleh belumlah sebanyak para master diluar sana. Saya juga baru mulai mendapatkan komisi itu mendarat dengan sukses di rekening saya mulai awal tahun ini. Tapi kalau untuk perbandingannya jelas Affiliasi yang memberikan nilai lebih kepada blog saya.

Kenapa? Karena affiliasi tidak selalu memerlukan traffic yang banyak pada blog. Bisa saja kita ikut produk yang masih sangat jarang di review orang, sehingga saat kita menuliskannya posting kita langsung dibaca dan pembaca itu membeli produknya.

PPC lebih cenderung bekerja maksimal untuk blog dengan traffic beribu – ribu per hari. Sedang blog saya tidak ada yang mencapai jumlah pengunjung sebegitu banyak.

Saat ini saya sudah payout 3 kali dari affiliasi masterweb. Nilai sih masih kecil, tapi untuk blogging yang hanya sampingan, uang itu sudah bisa menutup biaya hosting dan membuat saya optimis.

Sedang AdSense saya dari November 2011 masih kurang beberapa puluh dollar untuk bisa dikirim :)

IS: Dapatkah anda memberi motivasi bagi para pemula yang ingin memulai bisnis afiliasi?

TK: Mulailah sekarang! Jangan cuma baca-baca artikel ini dan itu. Saya menyesal tidak mengoptimalkan blog saya untuk affiliasi ini sejak dahulu.

Anda pasti merasa hal yang sama kalau tidak memulai dari sekarang. Segera cari tahu, apa minat anda, cari produknya, dan mulalilah mendaftar dan berjualan. Semoga sukses!

IS: Terima kasih sudah meluangkan waktu melayani wawancara ini. Sukses untuk anda.   

TK: Amin, sukses juga untuk mas Ibrahim yang memberi kesempatan saya untuk berbagi di sini.

Nah, bagaimana pendapat anda? Atau apakah anda punya cara yang berbeda untuk memulai bisnis afilasi lokal?

Mari kita diskusikan.


Jangan lupa pula untuk membaca wawancara exclusive saya sebelumnya bersama Herman Yudiono, Jumanto, dan Mira Sahid.

20 comments:

  1. itu dia masalahnya kang,saya masih tergolong pengguna blog gratisan....
    mantep kang wawancaranya,menambah pengetahuan saya dan tentunya blogger yg lainnya juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi mas Reo Adam, sebenarnya itu bukan sebuah hal yang wajib untuk punya web sendiri, cuma saran saya saja. Menghasilkan dari sesuatu yg kita hanya (maaf) numpang rasanya tidak.etis.

      Kalau keadaannya emang demikian, yang penting kita mulai. Sekarang, bukan besok.

      Nambahi: niche paling luas marketnya sekarang menurut saya adalah gadged/fashion.

      Delete
    2. Selain web berbayar, pd akhirnya kita juga harus menguasai ttg produk tsb juga. Ini yg selama ini menjadi kendala saya. Dr yg biasanya menulis "suka-suka gue" kemudian harus menulis dg tema-tema tertentu, apalagi fashion... :'(

      Delete
    3. Kalau ngeblog dengan mengharapkan income, saya rasa tidak akan pernah berhasil jika kita menerapkan metode suka - suka gue. :) Satu posting, harus fokus pada satu keyword agar kita bisa ada di halaman 1 Google.

      Delete
  2. Idem Ms Reo Adam, Kang Sukman, Ms Tiyo, Saran-pengalamannya sangat bermanfaat.
    Lanjut.....

    ReplyDelete

  3. mantebb mas wawancaranya, saya sekarang jadi tahu tentang memulai bisnis afiliasi lokal... Tapi seprtinya saya belum mampu mas ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. lagi seneng-senengnya sama google adsense si ya Mang? hehe...selamat dech..

      Delete
  4. banyak hal ternyata yg mesti diperhatikan spya maksimal, wawancaranya banyak menjadi masukan , trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas? terima kasih juga sudah berkunjung. salam...

      Delete
  5. seperti itu toh caranya, tp jujur, kok aku selalu gagal ya dlm bisnis afiliasi, aku lbh suka ke PPC

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin hari ini gagal. siapa tahu besok berhasil. intinya tidak berhenti untuk mencoba gan? salam...

      Delete
  6. menyimak dan berharap bisa seperti para master

    ReplyDelete
  7. terimakasih informasinya, salam sehat dan sukses selalu

    ReplyDelete
  8. memang harus diperhatikan hal - hal diatas dan saya menambah info baru disini , thanks infonya sob :)



    admin " Variasi Blogger '

    ReplyDelete
  9. Kunjungan pertama nich,..

    Wah, seru wawancaranya, numpang nyimak aja dulu soalnya juga baru coba-coba belajar affiliasi, semoga bisa sukses seperti yang sudah berpengalaman..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, gayanya Abangku satu ini, padahal kalau mau bandingin kalah jauh saya :D

      Delete
  10. Aslinya pasar lokal sangat potensial yaa Mas. Tinggal kitanya aja mengatur strategi yang tepat dan jitu untuk bisa memanfaatkan pasar yang begitu potensial itu ,,,,

    Wah blog saya aja belum genap 2 bulan . Semangat ,,,, !!!

    ReplyDelete
  11. artikel wawancara ini bisa memacu semangat kita nh...
    sy msh mencoba afiliasi lazada di salah satu blog saya, baru beberapa hari. semoga bisa berhasil kyak mas tiyo.
    AMinnnn.....

    ReplyDelete