17 December 2013

// // 21 comments

Jenis Iklan Yang Cocok Untuk Blog Baru

Apa jenis iklan yang cocok untuk blog yang baru anda buat?

Seperti saya, mungkin ini jawaban anda: Pay Per Click (PPC).

Ya! Tapi jawaban di atas saya lontarkan ketika pada waktu awal-awal menekuni monetizing blog. Jika sekarang saya ditanya pertanyaan seperti di atas, maka jawaban saya bukan iklan PPC.

Kenapa?

Sebab, semakin mendalami aktivitas monetizing blog, saya semakin memahami jenis dan karakter iklan mana yang cocok untuk blog baru, dan iklan apa yang cocok untuk blog lama.

Iklan Untuk Blog Baru

Karena itu, postingan ini merupakan kesimpulan dari beberapa pengalaman saya mengenai bagaimana sebaiknya memilih iklan yang cocok untuk blog yang baru.

2 Iklan Yang Cocok Untuk Blog Baru

1.Afiliasi

Bagi beberapa blogger, terutama yang baru terjun dalam monetizing blog, bermain iklan afiliasi kerap dianggap sulit.

Namun, jika kita cermat, maka afiliasi merupakan jenis iklan yang cocok untuk blog baru. Alasannya, iklan afiliasi tidak membutuhkan banyak visitor blog. Dan ini sinkron dengan blog yang baru dibuat. Yang dibutuhkan hanya tema blog dan kata kunci untuk iklan afiliasi.

Bagaimana memilih tema blog yang tepat, silahkan baca postingan saya tentang cara terbaik memilih tema blog. Sedang bagaimana memulai bisnis afiliasi, ada baiknya anda membaca tips memulai bisnis afiliasi untuk pemula.

2. Menjual Jasa  

Banyak jenis jasa yang dapat anda iklakan di blog yang baru anda buat. Anda tidak perlu ragu atau minder dengan kemampuan anda.

Yang diperlukan dalam memasang iklan jasa, selain kata kunci dan tema blog, juga sebaiknya anda menuliskan deskripsi jasa yang anda iklankan.

Anda bisa menjual jasa secara gratis maupun berbayar. Namun disarankan untuk menjual jasa secara gratis. Sebab, selain karena blog baru dibuat, menjual jasa secara gratis dapat mendatangkan visitor blog yang lebih banyak. Saya sendiri menjual jasa review blog secara gratis di blog ini, meski blog ini relatif berumur lebih lama.


Nah, dengan demikian, apakah anda masih bingung memilih jenis iklan yang cocok untuk blog yang baru anda buat?

21 comments:

  1. Saya jadi teringat dengan salah satu teman saya yang bertanya pada saya lewat facebook kemarin. Dia tanya, bisnis apa yang paling cocok untuk dijalankan lewat blog yang baru kita buat dan secara spontan saya menyarankan pada teman tsb untuk menggunakan atau mendaftar pada bisnis Affiliasi atau reseller. Meskipun pada awal2nya saya mulai mengenal make money blogging dulu langsung menggunakan layanan PPC, tapi berdasarkan pengalaman saya setelah mendalami hal itu kayaknya yg lebih cocok adalah bisnis yg seperti sobat sarankan pada point pertama di atas. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sob? afiliasi sy kira tidak memerukan visitor. yg diperlukan hanya target keyword. dan ini cocok untuk blog yang masih baru..

      Delete
  2. O iya, iklan GA-nya udah muncul lagi ya sob? Apa udah dicoba cara yang saya jelasin kemarin ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya betul sob, atas tips dari Sobat Agung, kini GA udah nongol lagi. Saya akan membuat postingannya ke depan. terima kasih sob atas tipsnya..

      Delete
  3. Saya Rasa iklan yang terbaik adalah iklan yang memberi kontribusi pada penutupan budget blogging kita mas. salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. setipa iklan saya kira punya kontribusi Mas? tinggal bagaimana kita mengoptimasikannya. dalam konteks blog baru, PPC saya kira lebih berat mengoptimasikannya. salam kenal juga

      Delete
  4. Saya lagi mencoba menjadi Yahoo Publiser Kang? Kayaknya lebih legit dari Adsense

    ReplyDelete
    Replies
    1. perlu dicoba tuh kang Jum? banyak blogger dari India yang sudah memasang iklan yahoo...

      Delete
  5. saya bingung mas mau pilih iklan apa ya mas, izin nyimak dulu ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan Mang? Saya kira Mang Yono sedang bungah2nya sudah diterima GA blognya...

      Delete
  6. blog saya tanpa iklan.....
    belum mampu mengelola blog secara maksimal

    ReplyDelete
    Replies
    1. mari kita ngoplak saja kang? asal ada uang buat beli mendoan dan cilok

      Delete
  7. benar juga ya, tapi saya lebih memilih iklan kliksaya.com, karena blog saya sudah lama dan visitor juga sudah sangat besar mas. terima kasih infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, itu berpotensi jadi jutawan Neng? Apalagi visitornya besar. Gak nyoba IBN neng?

      Delete
    2. iklan apa itu mas? kurang tahu saya mengenai iklan mana yang bagus hehehe...

      Delete
  8. iklan idblognetwork mbak? seperti yang ada di bawah postingan ini...

    ReplyDelete
  9. kang, kalau idblognetwork sistemnya bagi persenan apa kepriwe kang.? bedane apa karo GA si?,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sistemnya sama dengan GA bro? jika ada yg klik iklan ya kita dibayar. arep masang apa priwe? ngudu karo email rekomendasi lho..

      Delete
  10. kunjungi balik ya gan http://likeabigtravel.blogspot.co.id

    ReplyDelete