07 December 2013

// // 20 comments

Apakah Akun Google Adsense Saya Dibanned?

Bayangkan jika anda telah bersusah payah mendapatkan akun google adsense (GA), tiba-tiba iklan tidak muncul di blog.

Apa prasangka anda?

Banned!

Ya, sama seperti saya, anda pasti berprasangka demikian. Tapi tunggu dulu. Apakah memang iklan google adsense yang tidak muncul di blog karena kena banned?

Bisa ya, bisa tidak.

Sudah dua minggu ini, iklan google adsense di blog ini tidak muncul. Karena penasaran, saya kemudian membuka akun google adsense saya untuk memastikannya.

Ternyata, saya masih bisa mengakses akun google adsense saya. Ini artinya akun GA saya tidak dibanned.

Tapi saya terkejut dengan sebuah tulisan berwarna merah berbunyi;

Your pages are displaying blank ad units because you haven't yet verified your PIN and/or phone number.
Penangguhan Tayangan Adsense

Kesimpulan sementara, iklan tidak muncul karena saya belum memverifikasi PIN dan nomor telepon.

Peringatan Kedua

Ini sebenarnya peringatan kedua, setelah pada peringatan pertama, saya diminta google untuk memverifikasi alamat rumah.

Namun hingga dua bulan lebih, PIN tidak juga sampai ke rumah hingga waktu yang telah ditentukan google. Sampai akhirnya saya mendapatkan peringatan kedua, yang mewajibkan saya untuk memverifikasi nomor telepon. 

Mungkin saking semangatnya, saya tidak memperhatikan atau tidak membaca referensi tentang cara meminta PIN google adsense terlebih dahulu.

Setelah browsing mencari referensi tentang request PIN, saya kemudian menyadari bahwa tidak saja lupa menuliskan nomor telepon, tetapi saya juga baru menyadari bahwa penulisan alamat rumah ternyata salah.

Nah, pada peringatan kedua ini saya telah menuliskan alamat rumah, serta mencantumkan nomor telepon sesuai dengan ketentuan google.

Kenapa Pay Out Google Adsense Lama?

Ini kasuistik. Ada blogger yang relatif membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama untuk melakukan pay out (PO), ada pula yang memerlukan waktu hingga setahun lebih seperti saya.

Saya kira wajar. Sebab, PPC google adsense adalah layanan iklan berbasis contextual ads. Artinya, semakin spesifik tema sebuah blog, maka sangat mungkin cepat melakukan PO.

Nah, pada kasus saya, beberapa blog yang saya monetize dengan GA, semuanya hampir tidak menggunakan niche khusus, alias hanya menggunakan tema yang saya sukai. Atau istilah tenarnya adalah tema gado-gado.

Al hasil, saya mesti menunggu waktu yang cukup lama. Bahkan hanya untuk mendapatkan PIN adsense.

Pelajaran Apa Yang Dapat Saya Petik Dari Kasus Ini?

Barangkali saya adalah tipe blogger yang suka melakukan trial and error. Segala sesuatunya saya lakukan karena didasari rasa ingin tahu, meski kadang berdampak negatif.

Seperti pada kasus permintaan PIN dan PO adsense yang saya singgung di atas, setidaknya saya mendapat pelajaran penting. Antara lain;

1.Saya menjadi lebih percaya jika memonetize blog dengan GA, maka sebaiknya menggunakan tema atau niche khusus.

2.Kesabaran saya kian menebal.

3.Terprovokasi untuk memikirkan jenis monetize blog dengan cara yang lain, sambil menunggu PIN adsense datang.

Apakah anda juga punya pengalaman yang sama dengan saya? Mari kita diskusikan.
Happy blogging…


20 comments:

  1. Kalau akun GA saya kemarin sempat ilang juga iklannya di blog saya tapi setelah saya kirimkan hasil scan KTP saya, iklannya muncul kembali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata beberapa pemain adsense, scan KTP langkah terakhir ya om?

      Delete
    2. Iya mas itu langkah terakhir setelah 3 kali kita melakukan permintaan PIN GA tapi yg saya lakukan kmarin yaitu kirim scan KTP padahal masih ada kesempatan 1 kali untuk minta PIN soalnya keterangannya muncul untuk kirimkan hsil scan KTP dengan tujuan untuk memunculkan kembali iklan GA di blog saya..

      Delete
    3. detailnya gimana om? agar iklan muncul lagi?

      Delete
    4. Untuk persoalan menangani tidak munculnya iklan GA di blog sobat, kirimkan saja hasil scan KTP-nya di halaman ini dan tunggu balasannya. https://support.google.com/adsense/contact/id_verification?hl=id Jika hasil scan KTP tsb udah ditinjau dan diterima oleh pihak GA maka akan ada pemberitahuan nanti kalau iklan GA udah bisa muncul lagi di blognya. Itu cuman untuk memunculkan kembali iklan GA di blognya dan untuk mem-verifikasi alamatnya gunakan lagi cra tsb supaya alamat yg digunakan untuk menerima PO dari GA langsung diverifikasikan oleh pihak GA. Alhamdulillah akun GA saya udah diverifikasi alamatnya setelah saya mengirimkan hasil scan KTP pada halaman yg saya sertakan di atas link-nya.

      O iya, jujur saja, saya sebetulnya agak malas menulis komentar di blog ini soalnya saya merasa terlalu direpotkan dengan adanya kode capthca pada saat mau menerbitkan komentar. Apa tidak sebaiknya dihilangkan saja lagian pilihan untuk berkomentar di blog ini cuman akun google saja yang diperbolehkan untuk berkomentar. Itu sedikit saran dari saya

      Delete
    5. makasih om? hikss..saya malah baru tahu ada capcay nich...oke2 tak edit dulu...salam

      Delete
    6. Maaf jika harus menyampaikan itu soalnya saya kurang nyaman dengan kode2 seperti itu untuk menuliskan komentar pada blog sobat yang mau saya komentari.. :)

      Delete
  2. kalau sejauh ini,saya belum punya catatan buruk dengan adsense ,, payout nya tepat waktu tggal 28 ,.. pokonya,,adsese mmang yang terbaik diantara yg terbaik,.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, bagus tuch mas? soal catatan buruk sejauh ini yang sy alami paling cuma seringnya ditolak waktu mendaftar..

      Delete
  3. maaf ya mas. saya tidak punya pengalaman yang sama dengan mas..xixixi

    untung masih dapet peringatan mas, kalau saya bukan peringatan lagi, melainkan talak..xixixi. tapi bukan akun GA saya yang di talak, tapi blog saya yang di talak. karena banyak orang yang jail di blog saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya blognya diblacklist gitu atau gimana mas?

      Delete
  4. Kemarin sempet coba daftar, tp langsung ditolak, pak, h-hoo...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan menyerah mas? saya lebih dari 50 kali ditolak. hehe

      Delete
  5. Kalau saya mas nunggu PIN udah 2 bulan belum sampai-sampai kerumah,rencana mau inisiatif ke kantor posnya untuk mengambil langsung PINnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga sempet ke kantor POS mas, cuma katanya blm ada..

      Delete
  6. Saya sudah dapat PIN lama banget tapi belum juga bisa PO karena hanya mengandalkan satu blog saja.
    Akun adsense yang satunya atas nama istri juga dalam status hold, artinya saya suruh memasukkan PIN dan beberapa keterangan lain, tapi nyatanya sampai sekarang PIN belum sampai rumah Kang, makanya saya biarkan saya statusnya hold, penting iklannya masih muncul terus he.he.

    ReplyDelete
  7. Untuk bisnis Afiliasi kayaknya saya masih buta ni, belajar dari sini aja mas?

    ReplyDelete
  8. Berbagi pengalaman : saya mendaftar GA lewat youtube, setelah di terima di Youtube, saya kaitkan dengan blog saya, tidak sampai 3 hari blog saya di terima, verivikasi tahap 1, 2 hari kemudian lolos verivikasi tahap 2,..padahal blog saya baru berusia 4 hari saat itu, pengunjung juga belum sampai 1000 visitor..Chyrun.blogspot.com.

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo via youtube bukannya akun GA nya hoasted bro?

      Delete